Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberontak Komunis Filipina Tewaskan 9 Tentara

Kompas.com - 10/03/2014, 20:40 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Kelompok pemberontak komunis di Filipina selatan, Senin (10/3/2014), menewaskan sedikitnya sembilan aparat keamanan dalam rangkaian serangan atas polisi dan tentara.

Sekitar 50-an pemberontak Tentara Rakyat Baru menyerang sebuah pos polisi di Pulau Mindanao disusul dengan ledakan sebuah bom pinggir jalan menewaskan beberapa tentara yang sedang mengejar kelompok pemberontak.

Pihak berwenang mengatakan dua pemberontak tewas dan sembilan lainnya ditangkap, seperti dilaporkan kantor berita AFP.

Pemerintah Filipinamemperkirakan jumlah kelompok beraliran Maoisme ini sudah berkurang dari sekitar 26.000 pada akhir 1980-an menjadi hanya sekita 4.000 pemberontak walau perkiraan ini tidak bisa dipastikan.

Pekan lalu, 17 tentara dan warga sipil dilaporkan terluka akibat ranjau darat yang diduga ditaruh oleh pemberontak komunis yang sama di kota Bansalan, di Filipina selatan.

Tentara Rakyat Baru melancarkan perlawanan atas pemerintah Filipina sejak pertengahan 1960-an. Perundingan damai antara kedua belah pihak diupayakan beberapa kali dan upaya terakhir pada April 2013 kembali gagal mencapai kesepakatan.

Selain ancaman dari kelompok komunis, pemerintah Manila juga masih menghadapi perlawanan dari kelompok pemberontak Muslim yang menentang kesepakatan yang ditandatangani oleh kelompok Klik pemberontak lebih besar, Barisan Pembebasan Islam Moro dengan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com