Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketergantungan Jerman terhadap Gas Rusia Bahayakan Uni Eropa

Kompas.com - 10/03/2014, 19:41 WIB
WARSAWA, KOMPAS.com — Perdana Menteri Polandia Donald Tusk, Senin (10/3/2014), memperingatkan bahwa terlalu tergantungnya Jerman terhadap gas alam dari Rusia mengancam kedaulatan Eropa.

"Ketergantungan Jerman terhadap gas Rusia bisa secara efektif mengurangi kedaulatan Eropa," kata Tusk di tengah memanasnya hubungan Eropa-Rusia terkait masalah Ukraina.

Negara dengan ekonomi terkuat di Eropa itu membeli sepertiga kebutuhan gas dan minyaknya dari Rusia dan memiliki hubungan dagang yang luas dengan negeri besar itu.

Jerman berusaha untuk mencairkan kebuntuan antara Barat dan Moskwa terkait krisis Ukraina. Namun, Jerman tak berani berbicara lantang karena khawatir hubungan ekonominya dengan Rusia akan berdampak.

"Isu Ukraina adalah masalah masa depan keamanan Uni Eropa," lanjut Tusk saat mengunjungi sebuah pangkalan militer di wilayah utara negeri itu.

Tusk menambahkan, 28 negara anggota Uni Eropa harus mengevaluasi kebijakan energi mereka.

"Saya akan berbicara terus terang kepada Merkel, membuat semua jelas bahwa dengan kondisi saat ini, kebijakan gas Rusia mengancam keamanan dan kedaulatan Eropa sebagai kesatuan," tambah Tusk.

"Saya akan sampaikan pandangan politik ini terkait ancaman politik terkait ketergantungan terhadap gas dan uang Rusia," lanjut dia.

Rusia adalah penghasil satu-satunya energi di Eropa. Sementara itu, pipa-pipa gas alam Rusia yang melintasi Ukraina sebagian digunakan untuk memasok gas alam ke negara-negara kaya Eropa Barat, termasuk Jerman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com