Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sikap Agresif Rusia, Hilangkan Persahabatan dengan Ukraina

Kompas.com - 10/03/2014, 18:41 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sikap agresif Rusia membuat Negeri Beruang Merah kehilangan persahabatan dengan Ukraina. Rusia juga memilih mendukung aksi sepihak di Crimea. "Padahal, persahabatan itu sudah berlangsung lama,"kata Mikhail Khodorkovsky dalam kuliah umumnya di hadapan mahasiswa di Kiev, ibu kota Ukraina.

Khodorkovsky menambahkan,"Ukraina kehilangan persahabatan dengan Rusia karena tingkah laku Rusia."

Mikhail Khodorkovsky memang bukan orang asing di Rusia. Ia adalah konglomerat paling tajir di negara tersebut. Pria dengan nama asli Mikhail Borisovich Khodorkovsky ini pernah menjadi orang nomor satu di perusahaan eksplorasi minyak mentah Siberia, Yukos. Sejauh ini, kekayaan bersih pria berusia 50 tahun tersebut mencapai 170 juta dollar AS versi majalah Forbes, tulis AP pada Senin (10/3/2014).

Pada masa Vladimir Putin memerintah Rusia pada 2003, Khodorkovsky diseret ke pengadilan. Soalnya, dia dianggap melakukan pencucian uang dan tindakan mengemplang pajak. BUlan Mei 2005, pria beranak empat itu divonis penjara sembilan tahun. Namun, pada Desember 2013, Vladimir Putin memberikan pengampunan sehingga Khodorkovsky bisa bebas dari penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com