Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Crimea Sudah Siapkan Langkah Penggabungan dengan Rusia

Kompas.com - 10/03/2014, 18:30 WIB
SIMFEROPOL, KOMPAS.com - Perdana Menteri Crimea Sergei Aksyonov, Senin (10/3/2014), mengatakan persiapan penggabungan wilayah selatan Ukraina itu dengan Rusia sudah dilakukan.

Pasukan Rusia membanjiri Crimea sejak jatuhnya presiden Viktor Yanukovych yang pro-Rusia. Kini, Crimea sedang mempersiapkan referendum sebagai salah satu rencana penggabungan dengan Rusia.

Tak hanya referensum, Crimea bahkan sudah siap untuk menerapkan undang-undang Rusia dalam beberapa bulan setelah referendum. Bahkan, kementerian keuangan setempat sudah mempersiapkan skema perpindahan mata uang dari hryvnia ke rubel.

Referendum di Crimea, yang 60 persen penduduknya adalah etnis Rusia, diharapkan berbuah hasil yang diinginkan agar melapangkan jalan aneksasi Moskwa terhadap wilayah itu.

Namun, Aksyonov menjanjikan, jika Crimea bergabung dengan Rusia maka bahasa Ukraina tetap menjadi salah satu bahasa resmi wilayah semenanjung itu.

"Setiap hari kami menggunakan dua bahasa yaitua Rusia dan Tatar Crimea. Jadi sudah pasti republik (Crimea) akan menggunakan dua bahasa," kata Aksyonov seperti dikutip kantor berita RIA Novosti.

Sebanyak 15 persen penduduk Crimea adalah etnis Tatar, yang sejauh ini masih mendukung pemerintah Kiev.  Sehingga, Aksyonov juga menjanjikan para tokoh masyarakat Tatar akan mendapatkan kursi menteri senior dalam pemerintahan baru Crimea nantinya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com