Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amnesty International Tuding Suriah Lakukan Pelanggaran Berat HAM

Kompas.com - 10/03/2014, 17:01 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Lembaga hak asasi manusia (HAM) internasional, Amnesty International, menuding Pemerintah Suriah melakukan pelanggaran berat HAM. Tudingan Lembaga itu, tulis AP pada Senin (10/3/2014), merujuk pada blokade dan pembiaran kelaparan terhadap warga Yarmouk. Kota itu berada di selatan ibu kota, Damaskus.

Catatan lembaga itu menunjukkan bahwa 200 warga Yarmouk mati kelaparan dan terkena penyakit. Kira-kira, ada 200.000 warga Yarmouk kala itu. Blokade berlangsung setahun silam dan makin ketat lantaran Pemerintah Suriah menempatkan pasukan loyalis rezim Presiden Bashar al-Assad. Amnesty International mengatakan, dari 200 warga Yarmouk yang tewas itu, 128 di antaranya mati kelaparan.

Loyalis Assad memblokade Yarmouk, yang mayoritas berpenduduk etnis Palestina, demi mengusir kelompok perlawanan dari wilayah itu. Rezim Assad juga "menghukum" warga Yarmouk yang dianggap memberi perlindungan kepada kelompok perlawanan. Yarmouk sejak tiga tahun silam acap menjadi pelintasan kelompok perlawanan untuk masuk ke Rusia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com