Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu Korut, Kim Jong Un Menang 100 Persen

Kompas.com - 10/03/2014, 15:42 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com — Media Pemerintah Korea Utara, Senin (10/3/2014), memastikan bahwa pemimpin negeri itu, Kim Jong Un, memperoleh suara 100 persen dalam pemilihan umum parlemen Korea Utara.

Kim Jong Un memenangi semua suara di daerah pemilihan yang diwakilinya dalam pemilu yang digelar pada Minggu (9/3/2014).

Kemenangan ini membuat Kim Jong Un resmi bergelar anggota parlemen, sebuah gelar yang menambah deretan gelarnya yang sudah sangat panjang itu.

Beberapa gelar yang disandang Kim Jong Un, antara lain, panglima tertinggi angkatan bersenjata dan ketua komisi pertahanan nasional.

"Semua pemilih di daerah pemilihan mengambil bagian dalam pemilu dan 100 persen suara mereka untuk Kim Jong Un," kata kantor berita Korea Utara, KCNA.

"Ini adalah bentuk dari dukungan mutlak dan kepercayaan yang tak terbantahkan dari rakyat kepada Kim Jong Un," tambah KCNA.

Pemilihan umum ini menjadi ajang bagi adik perempuan Kim Jong Un untuk memulai debutnya dalam menancapkan kekuasaan generasi ketiga keluarga Kim. Sang adik, Kim Yo Jong, diyakini berusia 26 tahun, mendampingi Kim Jong Un ke tempat pemungutan suara.

Ini bukan penampilan publik perdana Kim Jo Yong. Pada 2011 dia terlihat di stasiun televisi nasional bercucuran air mata saat mendampingi Kim Jong Un menghadiri pemakaman ayah mereka, Kim Jong Il.

Sejak saat itu, Kim Jo Yong sesekali terlihat mendampingi kakaknya dalam sejumlah kunjungan lapangan resmi.

Dalam sistem pemilu Korea Utara, terdapat 700 daerah pemilihan dan setiap daerah pemilihan hanya memiliki satu kandidat yang ditentukan negara. Kondisi ini memastikan kemenangan mutlak di setiap pemungutan suara.

Memberikan suara adalah kewajiban di Korea Utara. Media pemerintah mengatakan, semua orang yang terdaftar sebagai pemilih, kecuali mereka yang berada di luar negeri, datang ke TPS dan memberikan suara.

Pemilihan anggota Dewan Rakyat Tertinggi (SPA) digelar setiap lima tahun, dan ini adalah yang pertama di bawah kekuasaan Kim Jong Un. Kim Jong Un sendiri menjadi kandidat di konstituen nomor 111, Gunung Paektu.

Bagi warga Korea Utara, Gunung Paektu adalah tempat yang sakral. Sebab, menurut propaganda negeri tersebut, Gunung Paektu adalah tempat kelahiran Kim Jong Il.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com