Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Putuskan Ikhwanul Muslimin sebagai Organisasi Teroris

Kompas.com - 07/03/2014, 21:29 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Pemerintah Arab Saudi, Jumat (7/3/2014), memasukkan kelompok Ikhwanul Muslimin ke dalam daftar organisasi teroris. Demikian stasiun televisi pemerintah mengabarkan.

Selain Ikhwanul Muslimin, Pemerintah Saudi juga memasukkan dua kelompok militan di Suriah, yaitu Front al-Nusra dan Negara Islam Irak dan Mediterania Timur (ISIL) yang berafiliasi ke Al Qaeda, ke dalam daftar organisasi teroris.

Tak hanya itu, kelompok pemberontak Syiah Huthi yang beroperasi di wilayah utara Yaman dan kelompok kecil Syiah yang kurang dikenal Hezbollah di Hijaz juga masuk ke dalam daftar hitam Saudi.

Saudi dan sejumlah kerajaan konservatif Teluk sejak lama berlaku keras terhadap Ikhwanul Muslimin karena khawatir kelompok aktivis dan politisi Islam itu akan menggerogoti kekuasaan monarki.

Pemerintah Saudi juga memerintahkan warga negaranya yang kini sedang bertempur di Suriah melawan rezim Bashar al-Assad untuk pulang dalam waktu 15 hari atau menghadapi hukuman penjara.

Riyadh adalah salah satu pendukung kelompok oposisi yang kini memerang rezim Bashar al-Assad. Namun, Saudi juga khawatir kelompok-kelompok radikal di Suriah akan berbalik menyerang negeri itu, berkaca pada dua serangan Al Qaeda di Arab Saudi pada 2003 dan 2006.

Bulan lalu, Raja Abdullah menerbitkan dekrit yang berisi ancaman hukuman penjara hingga 20 tahun bagi mereka yang menjadi anggota "kelompok teroris" atau ikut berperang di luar negeri.

Kelompok pegiat HAM, Amnesty International, mengkritik dekrit ini karena khawatir akan digunakan untuk menekan lawan-lawan politik pemerintah karena dekrit itu menggunakan definisi terorisme yang sangat kabur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com