Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Ukraina Sengsarakan Penghuni Kebun Binatang Kharkiv

Kompas.com - 07/03/2014, 20:32 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Krisis di Ukraina ternyata tak hanya berdampak pada warga negeri itu namun juga dirasakan oleh para hewan di kebun binatang Kharkiv, di sebelah timur laut negeri itu.

Pengurus kebun binatang kini meminta bantuan dana untuk mengelola tempat itu yang sejak krisis dimulai tak terurus, sehingga mengancam nyawa hewan-hewan di sana.

"Hewan-hewan kami tidak ikut berebut kekuasaan, mereka tidak mendukung pandangan politik siapapun, hewan-hewan ini hanya ingin hidup," demikian pengelola kebun binatang lewat situs resminya.

Negeri bekas Uni Soviet itu selama beberapa bulan terakhir diguncang krisis politik terburuk sepanjang sejarahnya yang mengakibatkan negeri itu berada di ambang kebangkrutan.

"Bersama seluruh warga negeri ini, kebun binatang kami juga mengalami masa-masa sulit dan menakutkan," tambah pengelola kebun binatang.

"Tanpa langkah-langkah darurat, hewan-hewan kami yang tak berdosa ini kemungkinan besar akan mati satu persatu mulai pekan depan," tambah pengelola.

Kebun binatang Kharkiv dibangun pada 1890 dan berhasil melalui keganasan dua perang dunia, namun kini tak mampu melawan krisis yang dipicu warga Ukraina sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com