Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Udara NATO Salah Sasaran, 5 Prajurit Afganistan Tewas

Kompas.com - 06/03/2014, 16:12 WIB
KABUL, KOMPAS.com — Sebuah serangan udara NATO di wilayah timur Afganistan, Kamis (6/3/2014), salah sasaran. Akibatnya lima prajurit Afganistan tewas, serta hubungan Kabul dan pasukan NATO memburuk.

"Pada pukul 03.30 dini hari, akibat serangan udara NATO di distrik Charkh, provinsi Logar, lima prajurit Afganistan tewas dan delapan orang lainnya terluka," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Afganistan, Zahir Azimi.

Sementara itu, gubernur distrik Charkh, Khalilullah Kamal, mengatakan, dia sudah meninjau lokasi yang diserang "drone" milik AS itu.

"Pos penjagaan itu hancur total. Dulu pos itu dijaga prajurit AS. Namun setelah mereka pergi, Tentara Nasional Afganistan menggunakan pos di puncak bukit itu," kata Kamal.

Akibat salah sasaran itu, NATO sudah menyampaikan belasungkawa dan berjanji akan melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menghindari insiden serupa di masa depan.

"Investigasi sedang berlangsung untuk mengetahui penyebab insiden yang mengakibatkan peristiwa tragis ini," demikian pernyataan pasukan NATO.

Sejauh ini belum diperoleh komentar dari Presiden Afganistan Hamid Karzai yang sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Sri Lanka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com