Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbit, Majalah Khusus "Fans" Paus Fransiskus

Kompas.com - 06/03/2014, 09:33 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

ROMA, KOMPAS.com — Sebuah majalah terbit di Roma, Italia, Rabu (5/3/2014), khusus didedikasikan untuk para fans Paus Fransiskus. Nama majalah itu Il Mio Papa, yang terjemahan bebasnya adalah "Paus Saya".

Majalah tersebut diluncurkan oleh penerbit Silvio Berlusconi Mondadori. Pada edisi pertamanya, majalah gaya hidup dan gosip ini mengangkat edisi khusus dengan rincian yang gurih, dalam edisi "Pekan Bapa Suci".

Di dalamnya, penuh foto-foto Paus Fransiskus yang menggelitik. Di antara foto-foto itu adalah gambar Paus berumur 77 tahun asal Argentina itu yang dianalogikan sebagai Superman, tokoh superhero fiktif, dalam jubah kepausan.

Ada pula dalam edisi perdana tersebut, foto Paus sedang memeluk anak kecil yang naik ke kursi Takhta Suci. Sampai saat ini Vatikan belum mengomentari publikasi yang per eksemplarnya dijual seharga 50 sen euro, setara Rp 8.000-an, itu.

"Ini semacam fanzine, tapi tentu saja itu tidak seperti sesuatu yang Anda buat One Direction," kata editor majalah ini, Aldo Vitali, dengan menyebutkan pembanding sebuah grup boyband populer. "Kami bertujuan membuatnya menjadi lebih hormat, lebih mulia."

Majalah ini juga diharapkan bisa menjadi media yang menyampaikan pesan membumi, saran tanpa basa-basi untuk Fransiskus lewat pertemuan mingguan di Lapangan Santo Petrus maupun tempat lain.

"Itulah mengapa kami menyebutnya (majalah ini) 'Paus Saya', karena setiap orang memiliki sensasi Fransiskus berbicara kepada mereka secara individu," kata Vitali, yang juga editor majalah mingguan nomor satu, TV Sorrisi e Canzoni, persilangan antara TV Guide dan People.

Sumber: AFP/The New York

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com