Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Duduki Sebuah Basis Rudal Ukraina

Kompas.com - 05/03/2014, 17:20 WIB
SEVASTOPOL, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Ukraina, Rabu (5/3/2014), menyatakan pasukan Rusia menduduki  sebuah unit pertahanan rudal Ukraina di Semenanjung Crimea.

Meski demikian, Kemenhan Ukraina menegaskan depot penyimpanan rudal masih berada di bawah kendali militer negeri itu.

Kabar didudukinya basis pertahanan rudal di Cape Fiolent, dekat kota Sevastopol itu menyusul pernyataan awal bahwa sebuah basis rudal di Evpatoria, di wilayah utara Crimea, juga dikuasai pasukan pro-Rusia.

Semenjak jatuhnya presiden Viktor Yanukovych, ribuan pasukan bersenjata tanpa identitas membanjiri Semenanjung Crimea dan mengepung sejumlah basis militer Ukraina.

Bahkan, pasukan pro-Rusia yang menduduki pangkalan udara Belbek, sempat memberikan tembakan peringatan ke arah 300 personel militer Ukraina yang tak bersenjata.

Meski banyak kalangan pasukan tanpa identitas itu adalah militer Rusia, namun pemerintah Rusia membantah telah memerintahkan militernya memasuki wilayah Crimea.

Dalam sebuah jumpa pers, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan, pasukan bersenjata itu adalah milisi lokal yang khawatir dengan pergantian kepemimpinan di Kiev.

Namun, sejumlah pakar militer menduga pasukan yang kini berada di Crimea adalah unit-unit pasukan khusus Rusia, Spetsnaz, jika dilihat dari perlengkapan tempur yang mereka gunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com