Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Tingkatkan Pengamanan di Fasilitas Nuklir

Kompas.com - 05/03/2014, 16:56 WIB
VIENNA, KOMPAS.com - Ukraina meningkatkan pengamanan terhadap sejumlah pembangkit tenaga listrik sebagai respon atas ancaman Rusia. Demikian isi surat Dubes Ukraina untuk PBB Ihor Prokopchuk kepada Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

"Tindakan ilegal dari angkatan bersenjata Rusia di wilayah Ukraina meningkatkan ancaman terhadap keamanan Ukraina termasuk terhadap infrastruktur nuklir kami," demikian Ihor Prokopchuk.

"Dalam situas ini, pihak berwenang di Ukraina melakukan berbagai langkah yang diperlukan untuk melindungi 15 unit pembangkit di empat lokasi pembangkit nuklir Ukraina," sambung Prokopchuk.

Dia menambahkan, sejauh ini kemungkinan militer Federasi Rusia melakukan invasi terbuka ke Ukraina belum bisa diprediksi.

"Berbagai upaya dilakukan pemerintah Ukraina untuk memperbaiki hubungan bilateral dengan Rusia, namun sejauh ini belum mendapatkan respon," ujar Prokopchuk.

Sehingga, Prokopchuk mendesak pimpinan IAEA Yukiya Amano untuk menggulirkan isu keamanan nuklir dengan pemerintah Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com