Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Pasukan Khusus Rusia Duduki Crimea?

Kompas.com - 04/03/2014, 22:13 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin membantah sekelompok pasukan bersenjata lengkap yang saat ini berada di semenanjung Crimea, Ukraina, adalah personel militer Rusia.

Namun, di mata seorang pakar militer yang berbasis di London, pasukan bersenjata yang saat ini "menduduki" Crimea adalah pasukan khusus Rusia dan sangat mungkin mereka adalah pasukan elite Spetsnaz.

Igor Sutyagin, pakar Rusia di Royal United Services Institute (RUSI), mengatakan meski para tentara itu mengenakan seragam tak bertanda, namun peralatan yang mereka bawa hanya biasa dibawa oleh divisi-divisi pasukan khusus.

"Unit-unit yang memblokade pertahanan pantai Ukraina sepanjang akhir pekan lalu adalah Spetsnaz," kata Sutyagin.

"Mereka bisa dikenali karena mereka membawa peralatan khusus. Mereka mungkin berasal dari brigade Spetsnaz ketiga yang bermarkas di Tolyatti," tambah Sutyagin.

Sutyagin menambahkan, para prajurit elite itu sangat mahir dalam melakukan pengintaian dan sabotase.

"Mereka juga didukung setidaknya dua brigade marinir dari Laut Hitam dan Laut Baltik," lanjut Sutyagin.

Sementara itu, Matthew Clements dari Jane's Intelligence Review sepakat dengan analisa Sutyagin yang meyakini pasukan khusus Rusia itu sudah menduduki Crimea.

"Sudah ada upaya dari militer Rusia di Crimea untuk menyamarkan berbagai identitas mereka," ujar Clements.

"Namun, yang ingin kami ketahui adalah apakah mereka berasal dari unit pasukan khusus atau pasukan lintas udara," tambah dia.

Sementara itu, seorang mantan pejabat tinggi masalah keamanan di Eropa yang tak ingin disebutkan namanya mengaku 200 persen yakin pasukan yang menduduki Crimea saat ini adalah unit pasukan khusus Spetsnaz.

"Mereka sangat ahli menciptakan kebingungan dan kekacauan dalam rangka melakukan serangan prikologis," ujar pejabat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com