Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertanda Al-Sisi Maju dalam Pilpres Mesir Semakin Jelas

Kompas.com - 04/03/2014, 21:57 WIB
KAIRO, KOMPAS.com - Panglima angkatan bersenjata Mesir Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, Selasa (4/3/2014), mengatakan, dia tidak bisa mengabaikan desakan yang menginginkan dia mencalonkan diri dalam pemilihan presiden.

Kantor berita MENA mengabarkan, Sisi menegaskan dalam beberapa hari ke depan dia akan mengambil sejumlah langkah resmi.

"Dalam beberapa hari ke depan (rakyat) akan menyaksikan sejumlah langkah penting," kata Sisi seperti dikutip MENA.

Jenderal Abdel Fattah al-Sisi menjadi tokoh populer di Mesir setelah menggulingkan presiden Muhammad Mursi pada Juli tahun lalu, menyusul unjuk rasa besar-besaran menentang pemerintahan Mursi.

Di mata pendukungnya, Sisi dianggap sebagai seorang tokoh kuat yang bisa menstabilkan kondisi Mesir setelah tiga tahun terjebak dalam kisruh politis sejak revolusi 2011 yang  menggulingkan Hosni Mubarak.

Pada Januari lalu, ribuan pendukung Al-Sisi turun ke jalanan mendesak agar sang jenderal mencalonkan diri. Militer Mesir sendiri sudah menyatakan akan mendukung Al-Sisi jika dia memutuskan untuk mencalonkan diri dalam pemilu, yang kemungkinan besar akan dimenangkannya.

Namun, di mata para pendukung Muhammad Mursi dan Ikhwanul Muslimin, Mursi dianggap dalang penggulingan Mursi yang diakui sebagai presiden pertama Mesir yang terpilih secara demokratis.

Jika terpilih, Sisi kemungkinan besar akan mengambil kebijakan yang kurang populer seperti mengurangi subsidi bahan bakar dan makanan yang selama ini sangat memberatkan keuangan Mesir.

Para pendukung Sisi yakin, dengan sokongan luas dari berbagai kalangan dan kelompok, sang jenderal akan mudah mengambil sebuah kebijakan meski tidak populer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com