Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Tuding Separatis Xinjiang Pelaku Penusukan Massal

Kompas.com - 02/03/2014, 13:47 WIB
BEIJING, KOMPAS.COM — Pejabat resmi Pemerintah China menuding separatis dari wilayah barat laut Xinjiang sebagai pelaku penyerangan berpisau yang menyebabkan 29 orang tewas dan 130 lainnya luka di sebuah stasiun di kota Kunming.

Para penyerang disebut-sebut berpakaian gelap dan tiba-tiba masuk ke stasiun dan mulai menikam calon penumpang yang sedang berada di stasiun satu demi satu.

Sejumlah gambar yang berhasil diunggah ke internet menunjukkan situasi yang mencekam, yakni tubuh para korban digenangi darah.

Menurut berita kantor berita resmi China, Xinhua, polisi menembak empat pelaku serangan hingga tewas.

Seorang perempuan yang diduga juga merupakan penyerang ditahan dan kini dirawat di rumah sakit karena cedera yang tak diketahui jenisnya, sementara aparat masih mencari penyerang lain yang berhasil kabur, tulis wartawan BBC Celia Hatton di Beijing.

Menurut pejabat setempat, insiden mengerikan ini sudah "diorganisasi, disiapkan, sebagai serangan teror yang kejam".

Pemda Kunming menyatakan bahwa bukti di lokasi kejadian menunjuk pada keterlibatan kelompok separatis dari Xinjiang sebagai dalang kejadian itu.

Tak ada rincian penjelasan lain dan klaim ini sulit dicek kebenarannya.

Sebagian minoritas di Xinjiang adalah umat Muslim di Uighur yang menuntut hak otonomi dari penguasa di Beijing dan dihentikannya tekanan terhadap agama yang mereka anut.

Oktober lalu separatis Xinjiang juga dituding sebagai pelaku di balik kejadian penabrakan sebuah mobil dengan sasaran sekelompok warga di pinggir Lapangan Tiananmen di Beijing dan mengakibatkan lima orang tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com