Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi China Selamatkan 382 Bayi Korban Penculikan

Kompas.com - 28/02/2014, 17:20 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Polisi China berhasil menyelamatkan 382 bayi korban penculikan dalam sebuah operasi nasional memberantas jaringan perdagangan manusia melalui media internet. Menurut warta Xinhua pada Jumat (28/2/2014), dalam operasi itu, polisi mencokok 1.094 tersangka, sebagaimana data dari Kementerian Keamanan Umum China.

Polisi menggelar operasi tersebut di Beijing dan di Provinsi Jiangsu, timur China, sejak setahun silam. Kala itu, pengembangan penyelidikan menunjukkan ada empat laman penjualan bayi yang berkedok proses adopsi. Pelaku kejahatan itu memanfaatkan beberapa perlindungan untuk menutupi kejahatan tersebut.

Catatan menunjukkan, penjualan bayi di China masih menjadi kejahatan yang sulit ditangkal. Meski demikian, ancaman hukuman terhadap para pelaku terbilang sudah berat. Bahkan, China mengganjar hukuman berat, mulai dari pelaku, orangtua bayi, hingga kepada pembeli.

Latar belakang sosial berikut kebijakan satu anak di China sejatinya menjadi pemicu kejahatan itu. Tak cuma kedua alasan tersebut, kemiskinan menjadi pemicu para penjahat mengambil keuntungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com