Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koma, Perempuan Ini Diminta Cari Kerja

Kompas.com - 28/02/2014, 12:34 WIB
Permintaan maaf dikeluarkan pemerintah Inggris kepada keluarga seorang perempuan yang dikirimi surat untuk memintanya mencari kerja meski ia sudah dua bulan terbaring koma. Saat berbicara di parlemen, Menteri untuk Orang Difabel Inggris, Mike Penning, mengatakan telah terjadi "kesalahan."

Sheila Holt, dari Rochdale, dikirim surat yang mengundangnya untuk mengikuti "aktivitas intensif guna membantu mencari pekerjaan" meski ia dalam kondisi tak berdaya di rumah sakit.

Anggota parlemen Rochdale, Simon Danczuk, mengatakan Departemen Pekerjaan dan Pensiun (DWP) mencari orang-orang difabel.

Danczuk mengatakan, "Sheila menderita gangguan bipolar parah sejak masa kanak-kanak dan mengalami pengalaman traumatik."

Ayah Sheila, Ken, mengatakan pekerjaan terakhir Sheila adalah 27 tahun lalu ketika ia berusia 16 tahun. Teapi tahun lalu anaknya dipaksa untuk ikut kursus mencari kerja oleh pemerintah selama delapan hari.

Kehilangan Tunjangan

Setiap hari ia menjadi semakin resah sampai ia "ambruk", kata sang ayah, dan dirawat di rumah sakit menyusul sebuah "kejadian menegangkan." Namun saat berada di rumah sakit, Sheila mengalami serangan jantung pada 17 Desember tahun lalu dan berada dalam kondisi koma akibat kerusakan otak.

Ken mengatakan, "Jika mereka tidak memaksanya mencari kerja, ia tidak akan begini. Pemerintah mengancam akan memangkas tunjangan yang diterimanya."

"Saya pikir ini cara berpikir yang salah. Anda seharusnya mengejar orang yang sehat dan meminta mereka bekerja, bukan orang yang tidak sehat. Ini sangat membuat saya geram."

Penning mengatakan, "Saya meminta maaf sebesar-besarnya kepada keluarga karena saya bertanggung jawab. Keluarga berhak merasa marah dan saya harap ia segera sembuh."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com