Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Ini Perlihatkan Betapa Ngerinya Krisis Pengungsi Suriah

Kompas.com - 27/02/2014, 12:53 WIB
YARMUK, KOMPAS.COM — Lautan wajah kelaparan dan ketakutan terlihat dari barisan antrean masif yang mengular di daerah yang terkena bom di kamp pengungsi Yarmouk di Suriah selatan. Dalam foto itu, yang diambil pada 31 Januari lalu di kamp pengungsi Palestina di Damaskus, para pria, wanita, dan anak-anak berada di jalur antrean untuk mendapat bantuan, yang mencakup makanan dan obat-obatan yang sangat dibutuhkan. Ada lebih dari 18.000 orang di kamp pengungsi di Yarmouk itu dan kebanyakan dalam kondisi sekarat karena kelaparan.

Kamp itu awalnya dibangun pada 1948 untuk para pengungsi Palestina yang mengungsi dari perang Arab-Israel. Sejak awal konflik Suriah, daerah itu menjadi zona bencana kemanusiaan karena pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak telah menghalangi upaya untuk memberikan makanan dan perawatan medis bagi mereka yang tinggal di sana.

Puluhan orang telah tewas di kamp itu karena kekurangan gizi. Sejumlah laporan, dari mereka yang terjebak di Yarmouk, mengatakan bahwa mereka kadang-kadang memakan rumput dan kucing demi bertahan hidup. Bantuan dari PBB telah "menetes" perlahan sejak Januari 2014, kadang-kadang hanya 60 paket sehari, dan saat bantuan datang hal itu menimbulkan adegan mengerikan seperti yang Anda lihat pada foto ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com