Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Selam Terbakar, Panglima AL India Mundur

Kompas.com - 26/02/2014, 21:28 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com - Panglima Angkatan Laut India Laksamana DK Joshi, Rabu (26/2/2014),mengundurkan diri menyusul insiden yang menimpa salah satu kapal selam India di lepas pantai Mumbai yang mengakibatkan dua pelaut hilang dan tujuh lainnya terluka.

"Panglima AL Laksamana DK Joshi hari ini mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pertanggungjawaban moral terkait kecelakaan dan insiden yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan India.

AL India memaparkan, tujuh pelaut harus dirawat intensif di rumah sakit akibat menghirup asap ketika berusaha memadamkan api di salah satu ruangan kapal selam INS Sindhuratna saat sedang berlatih.

Dua awak kapal lainnya belum ditemukan di dalam kapal buatan Rusia itu yang langsung kembali ke pelabuhan Mumbai setelah insiden itu terjadi.

Insiden itu terjadi 18 orang pelaut tewas ketika kapal selam INS Sindhurakshak yang juga buatan Rusia, meledak dan tenggelam di galangan kapal militer di Mumbai. Kecelakaan itu menjadi bencana terbesar yang dialami AL India sejak sebuah fregatnya tenggelam ditembak kapal selam Pakistan dalam perang 1971.

Bulan lalu, kapal selam lainnya INS Sindhughosh kandas saat kembali ke pelabuhan Mumbai. Tak ada kerusakan berarti dan korban jiwa dalam insiden itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com