Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Segera Tarik Pasukan dari Afganistan

Kompas.com - 26/02/2014, 10:06 WIB
Presiden Barack Obama memperingatkan Presiden Afganistan, Hamid Karzai, bahwa AS akan menarik pasukannya dari negara itu pada akhir tahun ini.

Obama menyampaikan pesan itu dalam percakapan telepon dengan Karzai, yang menolak menandatangani perjanjian keamanan.

AS bersikeras bahwa perjanjian itu harus diteken sebelum AS dapat meninggalkan pasukan di Afganistan untuk operasi melawan pemberontak dan pelatihan militer.

AS menempatkan pasukan di Afganistan sejak 2001, ketika mereka merontokkan kekuasaan Taliban. Pasukan AS masuk ke negara itu pasca serangan 9/11 di AS.

Dengan sekutu Afganistan dan negara-negara Barat lainnya, mereka menumbangkan otoritas Taliban tetapi harus menghadapi serangan-serangan pemberontak sejak itu.

Karzai Menolak

Koresponden BBC mengatakan tidak adanya kesepakatan atas perjanjian keamanan bilateral (BSA) adalah hambatan yang kesekian dalam hubungan panjang Washington dan Karzai yang memburuk.

BSA, yang memberikan perlindungan legal bagi pasukan AS dan merupakan dasar bagi pelatihan Nato dan misi anti pemberontak Nato pasca 2014, disepakati oleh kedua negara tahun lalu setelah negosiasi selama berbulan-bulan.

Tetapi Karzai menolak menandatangani perjanjian itu hingga proses perdamaian dengan Taliban berjalan. Karzai menambahkan, jika ia tetap menekennya maka ia akan bertanggung jawab jika ada rakyat Afghanistan yang tewas karena bom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com