Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Tiga Tahun, Warga Fukushima Diizinkan Pulang

Kompas.com - 24/02/2014, 22:00 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Ratusan warga kota Fukushima diizinkan untuk pulang kembali ke kawasan yang semula dilarang, tiga tahun sejak bencana nuklir terjadi. Warga diizinkan pulang ke kawasan Miyakoji, kota Tamura, mulai tanggal 1 April mendatang.

Tahun lalu, ratusan warga mengeluh karena kawasan itu masih penuh radiasi. Kota Tamura terletak sekitar 20 kilometer di barat reaktor yang bocor.

Lebih dari 100.000 orang terpaksa mengungsi menyusul bencana nuklir reaktor di Fukushima setelah gempa dan tsunami bulan Maret 2011.

"Secara resmi pencabutan perintah evakuasi ini akan dicabut pada tanggal 1 April dengan sekitar 300 orang, yang rumahnya di kawasan kota Tamura," kata pejabat kabinet kepada kantor berita AFP.

Dalam dua tahun ke depan, sekitar 30.000 orang akan diizinkan untuk pulang ke rumah-rumah mereka di zona yang semula ditutup karena kebocoran radiasi. Sebagian warga masih khawatir kebocoran radiasi walaupun dalam kadar rendah.

Komisi Perlindungan Radiologi Internasional menyebutkan batasan satu millisievert per tahun untuk semua sumber radiasi.

Namun, badan ini menyebutkan pajanan kurang dari millisievert per tahun secara statistik tidak menunjukkan kenaikan risiko kanker.

Berdasarkan panduan Pemerintah Jepang, kawasan yang dianggap aman untuk tinggal adalah dengan radiasi maksimum 20 millisievert per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com