Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Setuju Jual Senjata ke Irak

Kompas.com - 24/02/2014, 21:27 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Iran setuju menjual senjata ke Irak hingga 195 juta dollar AS. Menurut warta Reuters pada Senin (24/2/2014), dokumen mengenai hal itu menunjukkan kalau persetujuan terjadi pada November tahun silam. 


Persetujuan tersebut sejatinya terwujud seminggu setelah Perdana Menteri (PM) Irak Nouri al-Maliki kembali dari Washington, AS. Di Negeri Uwak Sam itu, al-Maliki menemui Presiden Barack Obama untuk meminta penambahan persenjataan demi memerangi Al Qaeda.

Kalangan pemerintah AS di Washington cemas ihwal penyediaan perlengkapan militer bagi Irak. Pasalnya, AS tak ingin Irak terlalu dekat dengan Iran.

Sementara itu, kalangan parlemen Irak mengatakan keputusan membeli senjata dari Iran lantaran al-Maliki merasa permintaan tambahan senjata untuk Irak dari AS bakal mengalami penundaan. "Kami meluncurkan perang terhadap terorisme. Kami ingin memenangi perang itu,"kata Juru Bicara PM Irak Ali Mussawi.

Sementara itu, pihak pemerintah Iran, hingga berita ini diunggah, menyangkal mengetahui adanya persetujuan penjualan senjata ke Irak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com