Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel-AS Mulai Gelar Latihan Perang Bersama

Kompas.com - 24/02/2014, 20:00 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan dan Amerika Serikat, Senin (24/2/2014) memulai latihan militer gabungan tahunan yang digelar bersamaan dengan pelaksanaan reuni keluarga Korea Selatan dan Korea Utara.

Reuni keluarga yang terpisah akibat Perang Korea pada 1950-an ini merupakan pertemuan lintas batas pertama selama tiga tahun terakhir.

"Mulai hari ini, kedua negara, Korea Selatan dan Amerika Serikat tetap menggelar latihan militer dengan nama Key Resolve and Foal Eagle tanpa mengalami perubahan jadwal maupun skala latihan," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Kim Min-seok, di Seoul, Selasa (24/02).

Latihan militer kali ini melibatkan ribuan pasukan AS dan Korea Utara dan akan berlangsung hingga pertengahan April.

Korea Utara sebelumnya menyerukan kepada negara tetangganya untuk menunda latihan militer gabungan sampai reuni keluarga selesai pada Selasa ini (24/02).

Para wartawan mengatakan langkah Korea Utara yang tetap mengizinkan pelaksanaan reuni meskipun latihan militer Korea Selatan dan Amerika digelar dianggap sebagai konsesi untuk memperbaiki hubungan.

Latihan tahunan ini dikecam oleh Korea Utara yang menganggapnya sebagai latihan untuk penyerbuan dan sebagai protes sempat mengancam akan membatalkan pertemuan kembali keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com