Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Punya Presiden Sementara

Kompas.com - 24/02/2014, 03:52 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

KIEV, KOMPAS.com — Oleksandr Turchynov ditunjuk parlemen Ukraina menjadi Presiden sementara Ukraina, Minggu (23/2/2014). Dia adalah sosok yang nyaris identik dengan "posisi kedua" sepanjang kariernya.

Turchynov (49) adalah politisi sekaligus pengkhotbah evangelis yang telah menulis thriller psikologi. Dia diangkat menjadi presiden sementara oleh parlemen Ukraina yang dikuasai kubu oposisi untuk menggantikan Viktor Yanukovych yang dipecat dan mengakhiri krisis yang sudah berlangsung selama tiga bulan.

Oleh kubu oposisi, Turchynov yang adalah mantan tangan kanan mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko dipandang sebagai tokoh kompromi dengan ambisi politik kecil dan mempunyai loyalitas tinggi terhadap pemimpin oposisi.

"Dia selalu orang nomor dua, bahkan dalam partainya sendiri," ujar Balazs Jarabik, rekan senior Turchynov di Institut Pusat Kebijakan Eropa.

Turchynov menjadi wakil perdana menteri bagi Tymoshenko pada kurun 2007 sampai 2010. Dia juga menjadi wakil Tymoshenko di pimpinan tertinggi Partai Batkivshchyna.

Krisis di Ukraina berawal pada November 2013. Semua bermula dari keputusan Yanukovych yang membatalkan kesepakatan dagang dengan Uni Eropa dan memilih menerima dana talangan 15 miliar dollar AS dari Rusia.

Spontan, aksi massa menggelombang di Ukraina, dengan basis utama di Alun-alun Maidan atau Independence Square. Turchynov bertugas mengawasi pulihnya stabilitas Ukraina sampai pemilu digelar, rencananya pada 25 Mei 2014.

Sebelum ditunjuk menjadi presiden sementara, Turchynov juga lebih dulu menjadi ketua parlemen. Dalam kepemimpinannya, parlemen menentukan pemilu akan digelar pada 25 Mei 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com