Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Dokter Warga Ceko Diculik di Yaman

Kompas.com - 23/02/2014, 07:32 WIB
SANAA, KOMPAS.com - Seorang dokter perempuan asal Republik Ceko diculik di ibu kota Yaman, Sanaa, Sabtu (22/2/2014). Dia adalah warga asing ketiga yang diculik di Yaman bulan ini. Demikian penjelasan aparat keamanan negeri itu.

Dokter itu diculik ketika sedang berjalan kaki menuju ke sebuah rumah sakit swasta tempatnya bekerja, ketika sekelompok orang bersenjata menghalangi jalannya dan kemudian menangkapnya.

Penculikan ini menyusul kejadian serupa yang menimpa seorang pekerja minyak asal Inggris dan seorang warga negara Jerman.  Penculik warga Inggris belum diketahui, sedangkan warga Jerman diculik kelompok suku untuk menekan pemerintah agar membebaskan kerabat mereka yang dipenjara.

Di hari yang sama, seorang perwira intelijen Yaman tewas ditembak kelompok militan Al Qaeda di provinsi Shabwa, wilayah selatan Yaman. Kolonel Ahmed Hashem ditembak mati sekelompok orang bersenjata di kota Atak, kata kepolisian setempat.

Yaman kini menjadi basis sebuah kelompok militan terafiliasi Al Qaeda. Negeri ini sudah lama terperangkap kisruh politik dan pengelolaan negara yang buruk.

Pada 2011, unjuk rasa besar-besaran berhasil mendongkel Presiden Ali Abdullah Saleh lengser setelah lebih dari 30 tahun berkuasa.
Namun, sejak itu kisruh politik yang kunjung usai semakin rumit ketika ditambah pemberontakan Syiah di utara dan separatisme di selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com