Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Persidangan, Mursi Serukan Kelanjutan Revolusi

Kompas.com - 23/02/2014, 00:08 WIB
KAIRO, KOMPAS.com - Presiden Mesir terguling, Muhammad Mursi, Sabtu (22/2/2014), di ruang sidang menyerukan agar para pendukungnya melanjutkan revolusi di saat tuntutan agar jabatan Mursi dikembalikan mulai menurun di tengah gencarnya operasi kepolisian.

Seruan Mursi ini disampaikan saat dia menjalani sidang dengan dakwaan terkait pembobolan penjara dan serangan terhadap polisi.

"Revolusi rakyat tidak akan berhenti. Teruskan revolusi damai kalian," kata Mursi dalam sidang kedua yang dihadirinya.

Mursi, yang sebagai terdakwa ditempatkan di dalam sebuah kurungan kaca, juga menegaskan dia masih presiden sah Mesir yang digulingkan. "Saya datang ke sini (pengadilan) karena dipaksa," ujar dia.

Mursi juga menyalahkan Jenderal Abdul Fattah Al-Sisi, panglima militer yang menggulingkannya dan akan mencalonkan diri sebagai presiden Mesir, sebagai biang pertumpahan darah di negeri itu.

"Pemimpin kudeta, menteri pertahanan, telah membunuh lebih dari 3.000 orang di jalanan. Dialah orang yang membunuh mereka dan dia malah tidak diperiksa," kata Mursi.

Kuasa hukum Mursi, Kamal Mandour mendesak agar Al-Sisi juga menjelani pemeriksaan terkait penggulingan dan penahanan Mursi. Kuasa hukum Mursi lainnya, Mohamed Abu Leila, meminta majelis hakim agar mengundurkan diri dan tidak memimpin sidang Mursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com