Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deputi Kastaf AD Ukraina Mundur

Kompas.com - 21/02/2014, 18:46 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Deputi Kepala Staf Angkatan Darat (Kastaf AD) Ukraina Jenderal Yuri Domanski mundur dari jabatannya di tengah memanasnya kondisi konflik internal di negara bekas pecahan Uni Soviet itu. Menurut warta AP  pada Jumat (21/2/2014), Jenderal Domanski mengatakan niatnya itu saat diwawancarai Televisi Channel 5 di Kiev.

"Saya mundur karena AD ikut terlibat dalam konflik sipil. Kebijakan itu akan membuat banyak korban tewas baik di pihak rakyat sipil dan tentara," kata Domanski mengatakan alasan kemundurannya.

Menurut Domanski pula, pilihan mundur adalah untuk menhindari peningkatan suhu konflik. "Supaya tak ada lagi lebih banyak korban yang jatuh," katanya.

Catatan termutakhir menunjukkan kalau Kiev menjadi saksi bentrokan sejak unjuk rasa mulai pada tiga bulan silam. Tercatat sudah 77 korban tewas dalam bentrokan antara polisi dan militer melawan pengunjuk rasa.

Jenderal Yuri Domanski adalah anggota militer kedua Ukraina yang lepas dari jabatannya. Sebelumnya, Presiden Ukraina Viktor Yanukovych memecat Kepala Staf AD Jenderal Volodymyr Zamana pada Rabu lalu. Tak ada alasan mengapa yang bersangkutan dipecat. Tapi, rumor mengatakan kalau Zamana sudah lama tak sepaham dengan pendangan Yanukovych.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com