Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia Lampaui Syarat, Joe Newman PD Ingin Jadi Anggota Kongres AS

Kompas.com - 21/02/2014, 12:34 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Joe Newman, seorang warga AS asal Florida, mengaku percaya diri (PD) mencalonkan diri menjadi anggota Kongres AS. Pencalonan itu, tulis AFP  pada Jumat (21/2/2014) bakal berlangsung pada November 2014.

Asal tahu saja, Joe Newman adalah pria gaek berusia 101 tahun. Ia bangga lantaran pada usia tersebut dirinya merasa punya pengalaman hidup yang jauh lebih kaya ketimbang siapa pun di ajang pencalonan itu. Sementara, batas maksimal usia seseorang mencalonkan diri adalah 76 tahun. Itu berarti, usia Joe Newman 25 tahun melampaui batas tersebut. "Saya berjanji akan mendengarkan suara seluruh warga," tulisnya dalam laman blognya joenewman101.com.

Newman, masih dalam lamannya itu mengatakan akan menjadi inspirasi bagi warga berbagai usia bergerak, terlibat, dan aktif menjadi pemimpin patriotik. "Saya menyebut diri sebagai antropolog berpikiran maju," tulis Newman lagi.

Asal-asul Newman adalah putera imigran Rusia pada abad 20. Dalam kampanye kelak, dia akan menjadi lawan Vern Buchanan dari Partai Republik. Kemenangan akan membuat Newman menjadi anggota tertua mengungguli anggota kongres tertua saat ini, Raph Hal (90).

Ia mengatakan kepada televisi ABC bahwa ia mengusung kampanye untuk menaikkan upah minimum dan jaminan kesehatan bagi semua. "Suara bagi orang berusia lanjut adalah suara bagi orang baru" tulisnya memelesetkan namanya Newman menjadi "Orang Baru".

Seluruh wakil Kongres dan sepertiga kursi Senat akan diperebutkan dalam pemilihan pertengahan bulan November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com