Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irak Tawarkan Hadiah Uang untuk Tangkap Anggota Al Qaeda

Kompas.com - 20/02/2014, 23:03 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Irak menawarkan hadiah sekitar 17.000 dollar AS atau sekitar Rp 200 juta untuk setiap anggota militan Al Qaeda yang tertangkap atau terbunuh. Pengumuman itu dikeluarkan di situs Kementerian Pertahanan Irak.

Irak juga menawarkan hadiah yang sama untuk penangkapan militan lain, termasuk kelompok Negara Islam Irak.

Kelompok ini dituding bertanggung jawab atas serangkaian serangan bom bunuh diri yang menyebabkan pecahnya lagi kerusuhan sektarian terparah di Irak sejak 2008.

Bulan lalu, para militan kelompok itu untuk pertama kalinya menguasai dua kota, Fallujah dan Ramadi di Provinsi Anbar. Pemerintah Irak sejauh ini gagal mengusir kelompok militan itu keluar dari kedua kota tersebut.

Pada Selasa (18/2/2014), bom meledak di kawasah Syiah di Baghdad dan di kota Hilla, Irak selatan, menewaskan paling tidak 49 orang.

Kepala kepolisian Hilla, Mayor Jenderal Abbas Abid, menyalahkan kelompok yang terkait Al Qaeda berada di balik serangan bom itu.

"Kelompok teroris Al Qaeda berada di balik serangan di Hilla untuk membuat bingung pasukan keamanan dan menimbulkan korban di kalangan sipil," kata Abid kepada kantor berita Reuters.

Sementara itu, Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki menyerukan bantuan internasional untuk memerangi Al Qaeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com