Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Protes Kapal Perang Spanyol Masuk Gibraltar

Kompas.com - 20/02/2014, 12:41 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kantor Kementerian Luar Negeri Inggris bakal merilis surat protes resmi gara-gara sebuah kapal perang Spanyol menurut dugaan masuk ke wilayah yang diklaim milik Inggris di Selat Gibraltar. Insiden itu, tulis AP  pada Kamis (20/2/2014) terjadi pada awal pekan ini, Selasa (18/2/2014). "Ada kapal perang Spanyol yang masuk ke perairan Inggris di Gibraltar tatkala Angkatan Laut Inggris tengah menggelar pelatihan," kata pernyataan kementerian tersebut.

Sementara itu, AL Inggris langsung menghentikan pelatihan tatkala kapal perang Spanyol tersebut masuk wilayah perairan dimaksud. "Kejadian itu membuat kami meningkatkan kewaspadaan tingkat tinggi,"kata pernyataan kementerian itu.

Gibraltar terletak di selatan Semenanjung Iberia. Selat itu adalah pintu masuk ke Laut Mediterrania. Inggris menguasai perairan tersebut seturut Pakta Utrecht 1713. Sementara Spanyol selama ini berupaya memperkuat posisinya di kawasan wilayahnya, juga di Gibraltar.

Setahun silam otoritas Gibraltar Spanyol menempatkan blok-bolk beton di Teluk Algeciras untuk membuat pantai buatan. Pihak Spanyol mengatakan upaya itu sebagai perlindungan terhadap nelayan Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com