Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpisah 62 Tahun, Pria Ini Segera Berjumpa Putranya

Kompas.com - 19/02/2014, 22:00 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Saat Kang Neung-hwan meninggalkan Korea Utara pada 1950, dia tidak mengetahui bahwa istri yang ditinggalkannya tengah mengandung. Tak lama kemudian, istri Kang melahirkan anak laki-laki yang tak pernah berjumpa dengan ayahnya.

Kini, Kang (92) berharap bisa bertemu kembali dengan putranya yang sudah berusia 62 tahun untuk pertama kalinya. Pertemuan ayah dan anak itu kemungkinan besar akan terjadi dalam reuni keluarga yang terpisah akibat Perang Korea 1950-1953.

Kang adalah satu dari 82 orang tua Korea Selatan yang berharap bisa berangkat ke Gunung Kumgang, Korea Utara, tempat reuni keluarga ini akan digelar untuk pertama kali sejak 2010.

Baru tahun lalu, Kang mengetahui bahwa dia memiliki putra di Korea Utara saat mendaftarkan diri untuk ikut dalam reuni itu. Awalnya dia berharap bisa bertemu saudarinya yang masih berada di Korea Utara.

Sayangnya, saudari Kang sudah meninggal dunia demikian pula istrinya. Namun, kini dia malah berkesempatan bertemu putra yang belum pernah ditemuinya.

"Tak ada yang lebih membahagiakan saya selain bertemu putra saya meski hanya sekali," kata Kang saat ditemui di apartemennya di Seoul.

Meski demikian Kang tidak berani berharap terlalu banyak dalam reuni kali ini. Apalagi hubungan kedua negara terus memburuk selama beberapa tahun terakhir ini.

"Tentu saja saya khawatir. Semoga semua pihak berupaya sekuat tenaga untuk memastikan reuni tidak dibatalkan," ujarnya.

Sebelumnya, Kang pernah kecewa. Kesempatannya bertemu dengan sang putra pada September tahun lalu batal setelah Pyongyang secara sepihak membatalkan acara reuni yang sudah lama dijadwalkan.

Kemungkinan reuni itu batal masih sangat terbuka, apalagi PBB baru saja merilis laporan yang merinci semua kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan rezim Pyongyang.

Meski demikian Kang sangat antusias menghadapi "hari besarnya" ini. Dia sangat yakin bakal mengenali sang putra meski belum pernah bertemu.

"Saya tahu dia akan mirip dengan saya bahkan berlaku seperti saya. Meski kami belum pernah bertemu, kami tetap memiliki darah yang sama," kata lelaki tua itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com