Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma Dapat "Pepesan Kosong", Ribuan Wirausaha Kecil dan Menengah Demo di Roma

Kompas.com - 19/02/2014, 14:38 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Rupanya, para wirausaha kecil dan menengah di Roma cuma dapat "pepesan kosong" alias kebijakan tak memihak dari pemerintah dan politisi. Alhasil, ribuan dari mereka pun menyesaki ibu kota Italia itu untuk berdemo.

Adalah salah seorang pemrotes Adriano Sonzini yang mengatakan, selama bertahun-tahun, kelompok wirausaha kecil dan menengah menjadi kekuatan yang mampu menyerap pekerja di berbagai bidang di Italia. "Tapi, kami terabaikan oleh pemerintah selama bertahun-tahun pula," kritiknya.

Sementara itu, salah satu pengusaha kecil dan menengah di bidang ritel, Carlo Sangalli, mengatakan, pihaknya menuntut sistem perpajakan yang setara dengan pertumbuhan ekonomi di Italia. "Kalau sistem itu memadai, kami akan respek kepada pemerintah," kata pemimpin grup Confcommercio ini.

Secara keseluruhan tulis AP pada Rabu (19/2/2014), demo kali ini ditujukan kepada Perdana Menteri (PM) baru Italia Matteo Renzi yang berjanji bakal membuat reformasi ekonomi di "Negeri Piza" itu. Menurut rencana, Renzi bakal memotong biaya buruh sekaligus pajak. Renzi juga berjanji akan memperpendek birokrasi demi kelancaran bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com