Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fotografer Pengungkap Perselingkuhan Presiden Perancis Diperiksa Polisi

Kompas.com - 18/02/2014, 19:54 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Kepolisian Perancis, Selasa (17/8/2014), memeriksa fotografer Sebastien Valiela, yang foto jepretannya mengungkap perselingkuhan antara Presiden Francois Hollande dan aktris Julie Gayet.

Langkah kepolisian itu diambil setelah aktris berusia 41 tahun itu mengadukan sang fotografer karena dianggap telah melanggar privasinya. Jika tuduhan ini terbukti maka sang fotografer bisa mendekam satu tahun di penjara atau didenda 61.000 dollar AS.

"Sebastien Valiela akan diperiksa terkait keluhan Julie Gayet setelah publikasi fotonya saat tengah mengendarai mobil," kata seorang sumber di kepolisian.

Berdasarkan undang-undang privasi Perancis yang sangat ketat, di dalam sebuah mobil masih dianggap sebagai wilayah pribadi.

Jaksa penuntut membuka kasus ini setelah foto-foto yang dimuat majalah terbitan Perancis Closer pada 17 Januari 2014. Sepekan setelah majalah itu mengungkap hubungan asmara antara Hollande dan Gayet.

Sebelumnya Gayet juga sudah mengadukan majalah Closer ke kepolisian dengan tuduhan yang sama, yaitu melanggar privasi. Gayet berharap mendapatkan kompensasi 68.000 dollar AS ditambah 4.000 euro untuk biaya legal.

Majalah Closer mengklaim perselingkuhan antara Hollande dan Gayet sudah dimulai sejak dua tahun lalu, dan memublikasikan foto-foto yang menampilkan Hollande datang ke apartemen Gayet di dekat istana kepresidenan menggunakan skuter.

Akibat skandal ini, Hollande berpisah dengan kekasihnya Valerie Trierweller, tetapi menolak membicarakan lebih lanjut perkara kehidupan pribadinya.

Sementara itu, Gayet lebih memilih untuk bersikap "low profile", dan kawan-kawannya, kepada media massa, mengatakan bahwa sang aktris tidak berambisi menjadi ibu negara Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com