Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pengubah" Dubai Menjadi Tampilan Hari Ini, Meninggal

Kompas.com - 16/02/2014, 22:22 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters

DUBAI, KOMPAS.com - Bankir Inggris yang membantu mengubah Dubai menjadi lokomotif keuangan seperti terlihat hari ini, William Duff, meninggal pada usia 92 tahun, Minggu (16/2/2014). Dia adalah penasihat bagi pengambilan keputusan oleh penguasa Dubai.

Duff, kelahiran Scotlandia, bertugas menjadi bankir di Kuwait dan kemudian menjadi penasihat keuanagn almarhum Sheikh Rashid bin Saeed al-Maktoum pada 1960. Saat itu, populasi di Uni Emirat Arab hanya sekitar 50.000 orang, dengan menangkap ikan, beternak, dan berdagang dalam skala kecil sebagai sumber pendapatan.

Ketika menjadi penasihat Sheikh, Duff mendirikan Departemen Bea Cukai Dubai dan Departemen Keuangan, membantu membangun utilitas listrik emirat, dan kemudian berperan dalam menciptakan Jebel Ali Free Zone yang mencakup pelabuhan terbesar di Timur Tengah. Hari ini, Emirat telah menjadi pusat keuangan papan atas dengan populasi penduduk mencapai dua juta orang.

Lulusan Oxford dengan spesialisasi soal Arab, dengan kemampuan bicara dalam bahasa Arab klasik, Duff mengarahkan para penguasa Emirat dan bangsawan senior lainnya untuk berbicara dalam Bahasa Inggris.

"Dia pergi menemui Shekih Rashid dan mereka langsung cocok. Mereka biasa menikmati perjalanan bersama ke Scotlandia, lebih dari sekadar hubungan bisnis, itu juga persahabatan," kata putri Duff, Sheila Duff-Earles .

Anthony Harris, mantan duta besar Inggris untuk Uni Emirat Arab, mengatakan, "Dia (Duff) benar-benar memainkan peran penting dalam pertumbuhan UEA. Penentunya memang Sheikh Rashid. Tapi di sekitar Sheikh Rashid ada orang-orang yang setia, loyal, dalam arti ide apapun yang digariskan akan mereka wujudkan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com