Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Militer Aljazair Tabrak Gunung di Tengah Badai Salju, 76 Orang Tewas

Kompas.com - 13/02/2014, 00:19 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP

ALGIERS, KOMPAS.com — Jumlah korban tewas dari kecelakaan pesawat angkut militer di Aljazair mencapai 76 orang. Aljazair menyatakan tiga hari perkabungan nasional.

"Pesawat mengangkut 77 orang, bukan 78 orang, dan satu orang korban selamat," kata Juru Bicara Pertahanan Sipil Aljazair Letnan Nassim Bernaoui, Rabu (12/2/2014).

Tidak ada penjelasan mengenai perbedaan data korban ini dengan informasi awal yang beredar. Semula korban tewas disebut mencapai 103 orang, sebagaimana dilansir media setempat.

Pesawat angkut militer Aljazair menabrak gunung di kawasan timur negara itu, Selasa (11/2/2014) waktu setempat. Kecelakaan terjadi dalam perjalanan pesawat itu menuju kota Constantine dari bandara di Tamanrasset.

Perubahan jumlah penumpang terjadi setelah pesawat sempat transit di Ouargla. Militer Aljazair mengatakan pesawat mengalami kecelakaan karena faktor angin kencang dan badai salju di kawasan itu.

Prajurit yang selamat dilaporkan mengalami cedera berat pada bagian kepala, tetapi tak ada informasi lebih lanjut mengenai kondisi prajurit tersebut.

Presiden Aljazair mengumumkan tiga hari berkabung nasional, mulai Rabu, untuk menghormati para prajurit yang gugur dalam kecelakaan ini. Dia menyebut mereka sebagai martir bagi negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com