Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS dan Italia Gelar Operasi Pemberantasan Mafia

Kompas.com - 11/02/2014, 19:02 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Kepolisian Italia dan Amerika Serikat, Selasa (11/2/2014), secara bersamaan melakukan operasi pemberantasan mafia dan menangkap sedikitnya 26 orang.

Di Italia, polisi menangkap 18 anggota kelompok mafia Ndrangheta, yang bermarkas di kawasan Calabria.

Sementara kepolisian New York menangkap delapan orang yang memiliki kaitan dengan keluarga Gambino, yang dianggap terlibat dalam sejumlah tindakan kriminal.

Operasi ini, menurut pihak berwenang di kedua negara, merupakan bagian dari melawan peredaran narkoba dan pencucian uang.

"Dakwaan mencakup memiliki hubungan dengan mafia hingga penyelundupan obat bius internasional dan pencucian uang," tutur Andrea Grassi, yang memimpin penyelidikan atas mafia di Italia, dalam wawancara dengan SkyTG24.

Menurut dia, penyelidikan yang dilakukan selama ini mengungkap hubungan antara kelompok Ndrangheta di Italia dan keluarga Gambino di New York.

Ditemukan pula jalur peredaran kokain dari Amerika Selatan yang baru dengan tujuan pelabuhan Gioia Tauro di Calabria.

Dalam perkembangan lain, kepolisian Italia berhasil menangkap kembali pria yang diduga sebagai salah seorang pemimpin Ndrangheta, Domenici Cutri, di Milan pada Minggu (9/2/2014).

Cutri melarikan diri beberapa hari sebelumnya dari mobil polisi yang membawanya ke pengadilan dengan bantuan beberapa pria yang mengenakan topeng, seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com