Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsorsium Bandara Changi Siap Perbarui Bandara Myanmar

Kompas.com - 10/02/2014, 19:44 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah konsorsium yang dipimpin Grup Bandara Internasional Changi Singapura bakal bergabung dalam proyek senilai 1,1 miliar dollar AS untuk memperbarui Bandar Udara Internasional Myanmar. Menurut warta The Myanmar Times hari ini, konsorsium itu menggantikan konsorsium asal Korea Selatan yang gagal menemukan kata sepakat dengan pemerintah Myanmar ihwal spesifikasi. Sejatinya, konsorsium asal Negeri Ginseng itu bakal membangun Bandara  Hanthawaddy di Bago wilayah Yangon pada Agustus 2013.

Menurut pernyataan dari Departemen Penerbangan Sipil Myanmar, konsorsium itu juga menggandeng dua perusahaan asal Jepang yakni Yongnam Holding Ltd dan JGC Corporation. Konsorsium itu bakal melakukan kembali pembicaraan soal desain, konstruksi, operasional, dan pemeliharaan bandara untuk kurun waktu kontrak 30 tahun.

Bandara Hanthawaddy akan menempati lahan seluas sekitar 9.000 akre. Letaknya 77 kilometer Timur Laut Yangon. Bandara ini dibangun pada 1990 dengan pengerjaan awal mulai pada 1994. Tapi, pembangunannya terhenti pada Oktober 2003. Kelak bandara ini akan bisa melayani 10 juta penumpang per tahun.

Selain Hanthawaddy, Myanmar sudah memunyai Bandara Internasional Yangon. Tapi, kapasitas bandara ini cuma mampu melayani 2,7 juta penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com