Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atraksi Gagal dalam Upacara Pembukaan Olimpiade Sochi, Televisi Rusia Siarkan Rekaman Latihan

Kompas.com - 08/02/2014, 06:20 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP

SOCHI, KOMPAS.com — Televisi Pemerintah Rusia, Jumat (7/2/2014), menayangkan rekaman lima keping salju yang berubah menjadi ledakan kembang api berbentuk lima cincin olimpiade. Masalahnya, lima ledakan kembang api tak pernah terjadi di arena pembukaan.

Dalam upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Sochi di Rusia, hanya empat dari lima keping salju yang terbuka dan meluncurkan kembang api pembentuk simbol cincin olimpiade. Hanya pemirsa siaran Rossiya 1 yang melihat atraksi penuh kembang api di pembukaan olimpiade.

Begitu cincin kelima gagal meluncur, televisi tersebut menggunakan potongan rekaman dari gladi upacara pembukaan, saat kelima cincin terbuka dan kembang api meletus seusai aba-aba.

"(Kegagalan atraksi) itu tidak tampil di televisi, terima kasih Tuhan," kata Jean Claude-Killy, atlet ski Perancis yang mengepalai komisi koordinasi IOC untuk Olimpiade Musim Dingin Sochi.

Adapun produser televisi negara tersebut mengonfirmasi "penggantian adegan" tersebut. Alasannya, trik mereka itu dilakukan untuk menjaga citra simbol olimpiade. Peluncuran simbol cincin olimpiade merupakan salah satu ikon upacara pembukaan.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji akan menjadikan upacara pembukaan itu sebagai gambaran Rusia baru kepada dunia.

Konstantin Ernst, direktur eksekutif kreatif upacara pembukaan, mengatakan kepada wartawan dalam konferensi pers bahwa ia dipanggil ke kontrol induk dan meminta penayangan rekaman latihan upacara pembukaan begitu menyadari insiden tersebut.

"Ini merupakan rahasia umum," kata Ernst, merujuk penggunaan rekaman pra-kegiatan. Direktur artistik acara George Tsypin mengatakan, kerusakan itu disebabkan oleh perintah buruk dari manajer panggung.

Ernst membela keputusannya, mengatakan bahwa bagian yang paling penting adalah menjaga citra dan tradisi olimpiade. "Hal ini tentu buruk, tetapi tidak mempermalukan kita."

NBC menyiarkan pembukaan Olimpiade Musim Dingin Sochi itu dalam siaran tunda, Jumat. Dalam pernyatannya, NBC mengatakan, "Kami akan menunjukkan yang sebenarnya terjadi."

Trik rekaman bukan kali pertama pada olimpiade

Kontroversi penggunaan trik serupa yang melibatkan kembang api juga terjadi pada pembukaan Olimpiade Beijing, 2008. Beberapa layar terbukti menampilkan cuplikan rekaman dari rekayasa komputer.

Kembang api meledak ke dalam bentuk jejak kaki raksasa yang ditampilkan berjalan dengan susah payah di atas langit Beijing ke Stadion Nasional pada awal upacara. Para pejabat menyatakan, beberapa layar yang disaksikan pemirsa televisi di dunia ataupun di stadion merupakan gambar tiga dimensi dari komputer.

Selain itu, seorang gadis 9 tahun pada upacara pembukaan olimpiade tersebut diketahui menyanyikan "Ode to Motherland" secara lip-sync. Pemilik suara yang terdengar adalah bocah tujuh tahun yang menurut Politbiro China tak cukup menarik untuk tampil.

Dalam Olimpiade Musim Dingin Turin pada 2006, penampilan Luciano Pavarotti dalam upacara pembukaan juga sudah direkam terlebih dahulu. Flu yang buruk membuat penampilan live tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com