Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Pribadi Twitter Menlu AS Aktif Lagi...

Kompas.com - 05/02/2014, 04:32 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
WASHINGTON, KOMPAS.com — Setelah setahun menjadi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry akhirnya kembali menulis menggunakan akun Twitter pribadi, pekan lalu.

"Butuh waktu satu tahun @StateDept akhirnya mengizinkan saya memiliki akun Twitter saya sendiri. #JKTweetsAgain," tulis Kerry sebagai kicauan pertamanya menggunakan akun pribadi @JohnKerry, setelah berjeda 298 hari dengan tweet terakhirnya.

Beberapa jam kemudian Kerry kembali menulis, Kamis (30/1/2014), untuk menyemangati tim hoki es Amerika Serikat yang ambil bagian dalam Olimpiade Musim Dingin di Sochi, Rusia.

Sebelum menjadi menteri, Kerry dikenal sebagai pengguna aktif Twitter selama berkarier di senat. Dia berhenti mengunggah "kicauan" dari akun pribadi setelah menduduki kursi diplomat tertinggi Amerika Serikat pada 1 Februari 2013. Sesekali saja dia menandai tweet akun @StateDept dengan inisial namanya.

Pada Senin (3/2/2014), Kerry menggunakan akun Twitter pribadinya untuk menyampaikan dukacita atas kematian aktor Philip Seymour Hoffman.

"Sulit untuk percaya Philip Seymour Hoffman sudah pergi," tulis Kerry dengan mention @StateDept. Dia menyebut Hoffman sebagai, "Aktor luar biasa (yang) benar-benar menjadi Capote." Capote adalah tokoh yang Hoffman perankan dalam film dari kisah nyata berjudul sama, yang mengantarkan Hoffman menerima Piala Oscar pada 2005.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Jen Psaki, mengatakan, "Kami hanya menentukan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat, (setelah jeda) satu tahun, bagi Menteri Luar Negeri, untuk berbagi suara pribadi dan terlibat dengan orang-orang di seluruh dunia tentang kebijakan luar negeri (Amerika Serikat)."

Menurut Psaki, peluncuran kembali akun pribadi Kerry merupakan keinginan dari Kerry sendiri untuk berbicara dan terlibat dengan khalayak soal kebijakan luar negeri. "Membuat kebijakan luar negeri (Amerika Serikat) menjadi tidak terlalu asing."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com