Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dialog Damai Pakistan-Taliban Dibuka

Kompas.com - 04/02/2014, 15:11 WIB
Pembicaraan damai awal antara pemerintah Pakistan dan Taliban akan dilakukan di ibu kota Islamabad, Selasa (4/2/2014). Dalam pertemuan pertama mereka, negosiator yang didominasi oleh pemerintah dan Tehreek-e-Taliban (TTP) akan merencanakan peta dialog.

Kelompok militan telah melakukan serangan sejak 2007.

Perdana Menteri Nawaz Sharif mengumumkan pada pekan lalu bahwa pembicaraan damai akan terus berjalan, meski serangan terus terjadi.

Di bulan Januari, lebih dari 100 orang, termasuk tentara, tewas dalam serangan Taliban di seluruh negeri. Akibatnya, banyak analis yang memprediksi akan terjadi aksi militer terhadap markas TTP di pedalaman Pakistan.

Wartawan BBC Aleem Maqbool di Islamabad mengatakan, beberapa pihak di Pakistan khawatir dialog itu hanya akan memberikan kekuatan kepada militan.

Tim Sharif antara lain wartawan veteran Rahimullah Yusufzai dan Irfan Siddiqui, mantan duta besar Rustam Shah, dan mayor pensiunan badan intelijen Amir Shah.

Taliban diwakili oleh Maulana Sami ul-Haq, yang dikenal sebagai "Bapak Taliban", imam Masjid Merah Islamabad Maulana Abdul Aziz, dan dua orang pimpinan partai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com