Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edward Snowden Dinominasikan Raih Nobel Perdamaian

Kompas.com - 29/01/2014, 23:06 WIB
OSLO, KOMPAS.com — Dua politisi Norwegia, Rabu (29/1/2014), mengusulkan pembocor data Badan Keamanan Nasional AS (NSA), Edward Snowden, sebagai salah satu kandidat penerima Hadiah Nobel Perdamaian 2014.

Politisi Partai Sosialis, Baard Vegar Solhjell dan Snorre Valen, mengatakan, pembocoran data yang dilakukan Edward Snowden telah memberikan kontribusi untuk menciptakan dunia yang lebih stabil dan damai.

Dinominasikan menerima Hadiah Nobel berarti Snowden menjadi salah satu orang yang akan dinilai oleh Komite Nobel dan memiliki peluang memenangi penghargaan bergengsi itu.

Lima anggota panel tidak akan mengumumkan nama-nama yang sudah dinominasikan, tetapi kelompok yang mengusulkan nama-nama tersebut terkadang menyampaikan usulan mereka itu kepada publik.

Nama-nama yang masuk daftar kandidat biasanya adalah para anggota parlemen nasional, tokoh pemerintahan, dan para profesor yang harus sudah masuk ke meja penilai paling lambat pada 1 Februari mendatang.

Anggota Komite Nobel bisa menambahkan nama kandidat usulan mereka sendiri dalam pertemuan pertama mereka setelah tenggat waktu terlampaui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com