Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intelijen Inggris Pantau Youtube dan Facebook

Kompas.com - 29/01/2014, 13:04 WIB
Apa yang ditonton di Youtube, apa yang di-"suka" di Facebook, dan kunjungan bloger termasuk kegiatan yang dipantau oleh badan intelijen Inggris GCHQ. Demikian menurut dokumen yang dibocorkan Edward Snowden.

Rincian program GCHQ dengan kode Squeaky Dolphin itu diterbitkan oleh NBC News. Laporan tersebut mengatakan bahwa badan intelijen siber tersebut mendemonstrasikan kemampuan mereka kepada Badan Keamanan AS (NSA) pada 2012.

Facebook telah memagari data mereka dengan enkripsi sandi, tetapi layanan Youtube dan Blogger dari Google masih belum terenkripsi. Kedua perusahaan itu mengatakan mereka tidak memberikan izin kepada GCHQ untuk mengakses data.

Logo dugaan operasi intelijen itu menunjukkan seekor lumba-lubma memegang kaleng bertuliskan GTE yang merujuk pada Global Telecoms Exploitation, divisi GCHQ yang diyakini mampu mengumpulkan data dari kabel serat optik.

Harian Guardian melaporkan bahwa pada 2012, GCHQ menyadap 200 kabel, termasuk jaringan komunikasi transatlantik dan dapat memproses data telepon serta internet dari situ.

GCHQ menolak mengomentari klaim tersebut. Namun, Perdana Menteri David Cameron belum lama ini mengatakan bahwa, "Saya puas dengan kerja badan-badan tersebut yang tidak hanya penting, tetapi juga tertutup."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com