Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Seorang Napi di Canberra Rp 5 Juta Sehari

Kompas.com - 29/01/2014, 09:15 WIB
CANBERRA, KOMPAS.COM - Biaya bagi napi yang dipenjara di Canberra, ibukota Australia, masih tercatat sebagai yang paling mahal di benua kangguru itu. Data terakhir menunjukkan biaya untuk seorang napi berkisar 465 dollar Australia (setara Rp 5 juta) per hari.

Laporan Komisi Produktivitas, Rabu (29/1/2014), menunjukkan biaya seorang napi secara nasional rata-rata 297 dollar perhari. Diungkapkan, hampir separuh napi dewasa di Canberra kembali masuk penjara dalam periode dua tahun sejak dibebaskan.

Menteri Urusan LP Negara Bagian Ibukota Canberra, Shane Rattenbury, menyatakan pihaknya berupaya mengurangi jumlah napi yang kembali dipenjara setelah dibebaskan. Ia juga mengatakan, biaya mengurus seorang napi telah menurun belakangan ini.

Ia mencontohkan program bernama Throughcare yang dimaksudkan memberi dukungan bagi mantan napi.

Rattenbury mengakui, laporan Komisi Produktivitas juga menunjukkan adanya perbaikan dalam sistem penjara di Canberra. "Jumlah napi yang berkasus dengan napi lainnya di dalam LP sudah menurun," katanya.

Laporan komisi juga menunjukkan hanya sepertiga penduduk Canberra yang merasa aman menggunakan angkutan umum di malam hari. Data komisi didapatkan dengan cara survei yang melibatkan 2.400 penduduk Canberra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com