Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Potensial karena Jumlah Penduduknya

Kompas.com - 28/01/2014, 19:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kawasan ASEAN, di masa mendatang menjadi potensial karena jumlah penduduknya. Menurut catatan Executive Managing Officer CEO Asia-Pacific Sharp Corporation Noboru Fujimoto, tahun depan atau tepat saat Komunitasa Ekonomi ASEAN terwujud, jumlah penduduk ASEAN yang terdiri dari 10 anggota itu sudah mencapai 650 juta jiwa. "Ini pasar yang potensial,"katanya dalam salah satu sesi peluncuran program regional Sharp bertajuk Love.Life, Selasa (28/1/2014) di Jakarta.

Menurut pemaparan Fujimoto, sejak masuk ke Indonesia pada sekitar 1970-an, pihaknya juga sudah merambah negara-negara ASEAN. Terhitung dengan kawasan Asia lainnya, Sharp punya pabrik-pabrik di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Di luar kawasan ASEAN, Sharp juga memunyai pabrik di India dan Korea.

Saat ini, perusahaan asal Jepang itu menjadikan Malaysia sebagai basis pengembangan regional dan pengembangan produk. "Makanya, program kampanye kali ini sifatnya regional tidak hanya di Indonesia," kata  Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia Fumihiro Irie menambahkan.

Dalam catatan Fujimoto pula, setahun silam dalam periode April sampai dengan September, Sharp Corporation membukukan penjualan 1.342 miliar yen. Angka ini tumbuh 21,5 persen ketimbang periode pada 2012.

Sementara itu, ASEAN menyerap sekitar 10 persen produk Sharp di seluruh dunia. Dari jumlah ini, terang Fujimoto, Indonesia menyerap hingga 45 persennya.

Terkait dengan program di atas, kata Fujimoto lagi, ada bidikan penyerapan ASEAN bisa mencapai angka 30 persen. Segmen yang dibidik adalah konsumen kelas menengah. Sampai dengan 2016 target penjualan yang dibidik dari kawasan ini senilai 300 miliar yen.

Dengan mendaulat ikon Doraemon, Love.Life merangkum penjualan lemari pendingin dual swing door atau pintu yang bisa dibuka dari dua sisi. Pada produk ini, teknologi ion plasmacluster juga disematkan.

Yang kedua adalah penjualan televisi layar kristal cair (LCD) berukuran besar mulai dari 60 inchi sampai dengan 90 inchi. Ketiga adalah pendingin udara (AC) hemat energi.

Sementara, yang terakhir adalah oven microwave. Pada piranti ini, ada teknologi yang dibenamkan untuk memasak mi instan. "Kampanye ini akan berlangsung selama setahun," demikian Noboru Fujimoto.


 



Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com