Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putranya Berpacaran dengan Gadis Non-Yahudi, PM Israel Dikecam

Kompas.com - 27/01/2014, 16:00 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu mendapat kecaman dari sejumlah anggota parlemen garis keras setelah beredar kabar putra Netanyahu memiliki kekasih non-Yahudi.

Harian terbitan Norwegia, Dagen, melaporkan, Yair Netanyahu (23) tengah menjalin asmara dengan Sandra Leikanger (25), gadis Norwegia yang kini tengah menuntut ilmu di Israel.

Seorang anggota Partai Shas yang berhaluan Yahudi garis keras, Nissim Zeev, kepada harian The Jerusalem Post, Minggu (26/1/2014), mengatakan, Netanyahu harus menunjukkan tanggung jawab nasional sebagai perdana menteri.

"Ini masalah besar. Saya yakin masalah ini juga mengganggunya," ujar Zeev.

Seorang anggota parlemen lain dari Partai Likud, tempat Netanyahu bernaung, Moshe Feiglin, menyayangkan hubungan asmara putra Netanyahu itu.

Harian The Jerusalem Post dalam laporannya mengutip sumber-sumber yang dekat dengan putra Netanyahu membenarkan bahwa Leikanger memang bukan Yahudi.

Kabar ini membuat sebuah organisasi garis keras yang menolak asimilasi di Israel, Lehava, mendesak Netanyahu untuk mencegah hubungan itu berlanjut.

"Cucu-cucu Anda akan menjadi orang non-Yahudi," ujar Direktur Lehava, Bentzi Gopshtain, lewat akun Facebook-nya.

Secara tradisional, adat Yahudi menganut sistem matrilineal, di mana agama anak-anak ditentukan garis ibunya.

Yair adalah putra Netanyahu dari istri ketiga, Sara. Netanyahu sendiri pernah menikah dengan seorang perempuan non-Yahudi, Fleur Cates, pada 1981-1984.

Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari Benyamin Netanyahu soal hubungan asmara putranya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com