Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates: Tahun 2035 Hampir Tak Ada Lagi Negara Miskin

Kompas.com - 23/01/2014, 08:31 WIB
Pendiri Microsoft Bill Gates menyatakan, sekitar 20 tahun mendatang, tepatnya pada tahun 2035, hampir tidak ada lagi negara miskin di dunia.

Dalam surat tahunannya yang keenam, yang diterbitkan oleh Bill and Melinda Gates Foundation, Gates mengatakan, sudah terlihat tanda-tanda kemajuan yang jelas.

Ia menulis dalam surat itu, kini dunia lebih baik dari sebelumnya. Orang hidup lebih lama dan lebih sehat. Banyak negara penerima bantuan kini bisa berdiri sendiri.

Negara-negara yang dulunya dianggap miskin, seperti China, India, Brasil, dan bahkan Botswana, kini mempunyai ekonomi yang berkembang, katanya.

Di Afrika secara luas, harapan hidup telah meningkat sejak 1960-an kendati HIV mewabah.

Semakin banyak anak pergi ke sekolah dan semakin sedikit orang yang kelaparan, dan di mana kondisi kesehatan membaik, angka kelahiran menurun, demikian dikemukakan dalam surat itu.

Meskipun China dan India dipandang sebagai yang paling menonjol dalam pertumbuhan saat ini, tetapi filantropis itu menyatakan, sekitar 70 persen negara akan mempunyai pendapatan per orang lebih tinggi pada tahun 2035 daripada China sekarang ini.

Sembilan dari 10 negara akan mempunyai tingkat pendapatan rata-rata di atas tingkat di India sekarang.

Tetapi, Bill dan Melinda Gates berpendapat, ada tiga mitos yang menghambat kemajuan, yaitu bahwa negara-negara miskin akan tetap miskin, bahwa bantuan luar negeri sia-sia, dan bahwa menyelamatkan orang akan menyebabkan meluapnya populasi.

Ketiga mitos ini merongrong upaya pengentasan kemiskinan, menyelamatkan nyawa, dan memperbaiki kondisi, kata Gates.

Menurut Gates, dengan menggunakan definisi miskin sekarang ini, sebelum 2035 hampir tidak ada lagi negara miskin di dunia.

Namun, kata Gates, kemiskinan akan tetap ada. Korea Utara adalah salah satu negara yang terhambat oleh perang dan politik.

Dikatakan, ketidakmerataan akan tetap ada di setiap kawasan. Meski persentase orang sangat miskin sudah berkurang lebih dari separuh sejak 1990, tetapi 1 miliar orang masih hidup dalam kemiskinan yang ekstrem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com