Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hongaria Diancam agar Tidak Hadiri Olimpiade Sochi

Kompas.com - 22/01/2014, 20:18 WIB
BUDAPEST, KOMPAS.com — Komite Olimpiade Hongaria (MOB), Rabu (22/1/2014), mengatakan telah menerima sebuah "ancaman teroris" yang memperingatkan agar negeri itu tidak berpartisipasi dalam Olimpiade musim dingin di Sochi, Rusia.

Kepada kantor berita Hongaria MTI, Presiden MOB Zsolt Borkai mengatakan, dia menerima surat elektronik berisi ancaman dan menyarankan agar kontingan Hongaria tidak berangkat ke Rusia.

"Pesan-pesan seperti ini seharusnya ditanggapi serius sebagai sebuah ancaman teroris," kata Borkai.

Sementara itu, sekretaris MOB Bence Szabo mengatakan menerima informasi dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) bahwa sejumlah negara juga menerima pesan ancaman serupa.

Szabo mengatakan, MOB sudah menginformasikan perihal surat ancaman itu kepada kepolisian Hongaria, IOC, dan Pemerintah Rusia. "Surat itu ditulis dalam bahasa Inggris dan Rusia," kata Szabo.

Dalam pernyataan resminya, IOC mengatakan surat elektronik yang dikirimkan ke MOB tidak berisi ancaman dan nampaknya merupakan sebuah pesan acak dari warga biasa.

Kota wisata Sochi berada di kaki pegunungan Kaukasus, Rusia, yang sudah lama menjadi daerah bergolak. Para pemberontak di Chechnya dan Dagestan sudah lama memperjuangkan kemerdekaan dan bersumpah akan mengganggu Olimpiade Sochi untuk merusak reputasi Presiden Vladimir Putin.

Bahkan, salah satu pemimpin pemberontak Kaukasus, Doku Umarov, pada Juli tahun lalu mengancam akan melakukan serangan untuk menghentikan perhelatan olahraga itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com