Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Video, Militan Rusia Ancam Serang Olimpiade Sochi

Kompas.com - 20/01/2014, 21:59 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Kelompok militan Islam Rusia menjanjikan "hadiah" untuk Presiden Vladimir Putin di Olimpiade musim dingin yang akan digelar di kota Sochi bulan depan. Pernyataan itu disampaikan para pelaku bom bunuh diri yang tewas dalam serangan bulan lalu lewat sebuah video.

Video yang diunggah ke situs VDagestan.com itu menampilkan dua orang pria duduk di depan bendera kelompok militan Kaukasus. Kedua pria itu memperingatkan Rusia terkait rencana serangan di Sochi.

"Untuk Olimpiade yang sangat Anda inginkan, kami memiliki sebuah hadiah," kata salah seorang pria.

"Dan untuk para turis yang akan datang kami juga memiliki hadiah," lanjut pria tersebut.

Para pengamat keamanan menilai video itu merupakan ancaman nyata terhadap perhelatan yang akan digelar bulan depan tersebut.

"Ancaman untuk Sochi sangat nyata. Keinginan untuk merusak Olimpiade juga sangat nyata," kata analis keamanan, Pavel Felgenhauer.

Di bagian awal video itu menyebut, para pria yang ada di dalam rekaman itu adalah mereka yang terlibat dalam bom bunuh diri di Volgograd bulan lalu yang menewaskan 34 orang.

Dalam video itu, kedua orang tersebut diperkenalkan dengan nama Suleiman dan Abdurakhman. Di akhir video ditampilkan ledakan di stasiun kereta api Volgograd dan bangkai bus yang hangus terbakar.

Video itu dirilis sehari sebelum obor Olimpiade tiba di kota Volgograd, Senin (20/1/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com