Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Lucuti Persenjataan 1.200 Polisi Korup

Kompas.com - 20/01/2014, 21:24 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com — Aparat keamanan federal Meksiko, Senin (20/1/2014), melucuti persenjataan 1.200 anggota polisi lokal yang diduga berkolusi dengan para penyelundup narkoba di negara bagian Michoacan.

Selain itu, aparat keamanan federal juga menangkap 38 anggota kartel Knights Templar, termasuk salah seorang pimpinannya, Jesus Vasquez Macias (37) alias El Toro.

"El Toro adalah salah seorang tokoh sentral kartel," kata seorang pejabat tinggi pemerintah federal Meksiko, Monte Alejandro Rubido Garcia.

Garcia menambahkan, pasukan federal sudah menguasai 27 kabupaten di negara bagian itu sekaligus melucuti sebanyak 1.209 polisi korup.

"Para polisi ini selanjutnya akan menjalani pemeriksaan," kata Garcia.

Sebelumnya, kelompok warga bersenjata menuding polisi tak mampu mengatasi aksi kekerasan yang dilakukan kartel di negara bagian itu.

Warga juga menuding kondisi tidak aman itu disebabkan sebagian besar polisi di Michoacan memiliki hubungan dengan kartel obat bius Knights Templar.

Sejak Februari 2013, kelompok warga yang sebagian besar terdiri atas para petani itu angkat senjata melawan kekuasaan kartel.

Selama setahun, kelompok warga ini berhasil merebut kendali di 20 kota di seluruh wilayah Michoacan.

Namun, Pemerintah Meksiko kemudian mengirimkan pasukannya ke Michoacan untuk mengusir kartel sekaligus melucuti persenjataan yang kini dikuasai warga sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com