Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Meksiko Tangkap Gembong Kartel Narkoba "Knights Templar"

Kompas.com - 20/01/2014, 16:01 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com — Aparat keamanan Meksiko menangkap 38 orang di kawasan bergolak Michoacan, termasuk seorang pemimpin kartel obat bius Knights Templar. Demikian pejabat setempat mengatakan.

Jesus Vasquez Macias (37) alias "El Toro" ditangkap bersama dua orang lainnya. Mereka didakwa melakukan kejahatan terkait organisasi kejahatan. Demikian ungkap Sekretaris Nasional Sistem Keamanan Publik Nasional.

Vasquez Macias, yang ditangkap di kota pelabuhan Lazaro Cardenas, adalah tokoh sentral kartel Knights Templar yang beroperasi di negara bagian Michoacan.

Beberapa hari terakhir ini, pasukan pemerintah dikerahkan ke Michoacan, di wilayah barat Meksiko. Mereka bertugas untuk melucuti "rakyat bersenjata" dan mengusir kartel Knights Templar yang menguasai sebagian wilayah Michoacan.

Sebelumnya, kelompok rakyat yang terdiri atas para petani dan warga lokal mengangkat senjata untuk mengusir Knights Templar dari wilayah itu.

Mereka mengangkat senjata karena menilai polisi setempat justru berkolusi dengan geng kriminal itu sehingga kejahatan seperti kekerasan, penculikan, dan pemerasan tak bisa teratasi.

Negara bagian Michoacan, yang sebagian besar rakyatnya hidup miskin, menjadi salah satu isu paling berat yang dihadapi Presiden Enrique Pena Nieto.

Dia "mewarisi" perang berdarah melawan pengedar narkoba dari pendahulunya ketika menjadi presiden pada 2012. Sejak 2006, perang melawan geng-geng narkoba ini sudah menewaskan sedikitnya 77.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com